FAQ - Banner

Frequently Asked Questions

Anda memiliki pertanyaan seputar DPLK AXA Mandiri?
Temukan jawaban nya di FAQ kami

Aset Penerbit

Pengalihan peserta PPIP/PPUKP dari Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada peserta Mandiri DPLK yang dialihkan ke DPLK AXA Mandiri dan dapat menumbuhkembangkan industri dana pensiun oleh Bank Mandiri Group, serta AXA Group di Indonesia. Di samping itu, proses pengalihan peserta pun akan dilakukan secara hati-hati dengan mengikuti arahan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun dan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun Lembaga Keuangan, berikut dengan peraturan pelaksanaannya.

  • Kepesertaan atas nama Pemberi Kerja/Perusahaan.
  • Dilakukan berdasarkan prinsip pooled fund melalui suatu perjanjian kerjasama antara DPLK AXA Mandiri dengan Pemberi Kerja/Perusahaan.
  • Mengisi dan menandatangani Formulir aplikasi pendaftaran Dana Pesangon dengan melampirkan persyaratan kepesertaan Dana Pesangon.

Kepesertaan DPLK AXA Mandiri dibagi menjadi 2 (dua) Yaitu Individu dan Grup dengan persyaratan :
Peserta Individu :

  1. Mempunyai penghasilan; dan
  2. Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  3. Mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Kepesertaan yang disediakan DPLK AXA Mandiri dengan melampirkan persyaratan Kepesertaan

Peserta Grup : 

  1. Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  2. Melakukan Perjanjian kerjasama antara pemberi kerja dengan pihak DPLK AXA Mandiri
  3. Mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Kepesertaan Grup dengan melampirkan persyaratan kepesertaan grup

Tujuan pengalihan keikutsertaan dan portofolio peserta pada PPIP dan PPUKP di Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan sinergi antar perusahaan yang berada di bawah naungan Mandiri Group;
  • Untuk meningkatkan pelayanan Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang berada di bawah naungan Mandiri Group, sehingga dapat lebih efisien, efektif dan menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dengan menggunakan jaringan Mandiri Group, serta AXA Group di Indonesia; dan
  • Dapat memberikan pelayanan yang lebih lengkap atas solusi kebutuhan keuangan yang profesional dan terpercaya.

Adalah suatu badan hukum yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, pekerja mandiri, maupun karyawan perusahaan. 

Penyelenggaraan dan pengelolaan program pensiun untuk kompensasi pesangon yang dilakukan berdasarkan prinsip pooled fund melalui suatu perjanjian kerjasama antara DPLK AXA Mandiri dengan perusahaan / pemberi kerja.

Dana yang disetorkan untuk cadangan pesangon melalui PPUKP oleh perusahaan/pemberi kerja di DPLK AXA Mandiri diadministrasikan untuk dan atas nama Perusahaan/Pemberi Kerja yang menyetorkan dana dan bukan atas nama peserta/Karyawan dari perusahaan/pemberi kerja dimaksud.

Penyelenggaraan dan pengelolaan program pensiun dimana besarnya iuran baik dari perusahaan / pemberi kerja maupun dari Peserta ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun dan manfaat pensiun yang akan diterima Peserta tergantung dari :

  • Akumulasi pembayaran iuran pensiun,
  • hasil pengembangan / investasi sesuai pilihan produk yang dipilih,
  • hasil pengalihan dana atas nama Peserta dari Dana Pensiun lain.
  • Peserta Mandiri adalah Peserta yang telah mengikutsertakan dirinya sendiri kedalam Kepesertaan DPLK AXA Mandiri atau disebut juga dengan Peserta Individu.
  • Peserta Pemberi Kerja/Perusahaan adalah para Pegawai/Karyawan yang diikutsertakan dalam DPLK AXA Mandiri berdasarkan Perjanjian Kerjasama antara DPLK AXA Mandiri dengan Perusahaan/Pemberi Kerja yang terkait.

Sebagai bukti kepesertaan DPLK AXA Mandiri, kepada setiap Peserta diberikan kartu elektronik Peserta setelah Peserta memenuhi persyaratan pembukaan rekening DPLK AXA Mandiri dan penyetoran iuran untuk yang pertama kalinya efektif diterima.

Tidak ada perbedaan produk, baik dari segi produk maupun paket pilihan investasi antara Mandiri DPLK dengan DPLK AXA Mandiri.

Tidak perlu. Terhitung mulai tanggal 2 Desember 2019 e-card DPLK AXA Mandiri sudah terdapat pada website DPLK AXA Mandiri. Fitur “lihat kartu” akan muncul setelah Anda berhasil login

  • Menyetor Iuran kepada DPLK AXA Mandiri;
  • Membayarkan biaya-biaya yang telah ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun;
  • Memberikan keterangan yang lengkap dan benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh DPLK AXA Mandiri;
  • Memberitahukan secara tertulis kepada DPLK AXA Mandiri mengenai peristiwa seperti perkawinan, kelahiran, kematian dan lain-lain, yang mengakibatkan berubahnya susunan keluarga sebagai Pihak Yang Berhak atas Manfaat Pensiun;
  • Mentaati segala ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun.

Ya. Saat ini saldo hanya bisa dilihat melalui https://dplk.axa-mandiri.co.id. Layanan tersebut akan memudahkan peserta dalam melihat dan mengecek saldo dimana dan kapan pun.

Dalam proses pengalihan dana ini, dana peserta aman, serta dialihkan secara hati-hati berdasarkan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Tidak akan ada perubahan peraturan bagi peserta Mandiri DPLK yang telah dipindahkan ke DPLK AXA Mandiri. Ketentuan mengenai biaya dan pengelolaan portofolio pada DPLK AXA Mandiri akan mengikuti ketentuan yang telah disepakati antara peserta yang bersangkutan dengan Mandiri DPLK sebelumnya.

DPLK AXA Mandiri adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT AXA Mandiri Financial Services. yang selanjutnya disingkat dengan DPLK AXA Mandiri, berkedudukan dan berkantor di AXA Tower, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940, Indonesia.

Setiap peserta DPLK AXA Mandiri, termasuk peserta Mandiri DPLK yang telah dialihkan, dapat mengecek saldo dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik menu login;
  2. Akan muncul kolom Nomor DPLK dan Kata Sandi;
  3. Masukkan nomor peserta DPLK Anda yang tertera di kartu/e-card peserta Mandiri DPLK pada kolom Nomor DPLK. Apabila Anda tidak mengetahui nomor keikutsertaan DPLK, Anda dapat menghubungi :
    • Call Centre DPLK AXA Mandiri 1500803 (pada hari kerja, pukul 08:00 – 16:00) atau 
    • E-mail: dplk@axa-mandiri.co.id (pada hari kerja, pukul 08:00 – 16:00);
  4. Setelah itu, masukkan kata sandi Anda di kolom kata sandi. Apabila kata sandi Anda belum pernah diubah, maka kata sandinya adalah tanggal lahir Anda (dengan format ddmmyy atau dua digit tanggal, dua digit angka bulan, dan dua digit terakhir angka tahun lahir Anda) ditambah empat digit terakhir nomor peserta DPLK Anda pada Mandiri DPLK; dan
  5. Apabila Anda berhasil login, Anda akan melihat saldo dan rincian transaksi.
    • contoh:
    • Tanggal lahir Anda adalah 21 Januari 1980 dan nomor peserta DPLK Anda adalah 2001500304305, maka yang Anda input di kolom kata sandi adalah: 2101804305. 

Saat ini website Mandiri DPLK sudah tidak aktif. Peserta dapat melakukan pengecekan saldo melalui website DPLK AXA Mandiri.

Iuran dibayarkan oleh Perusahaan/Pemberi Kerja dan / atau oleh masing-masing Peserta dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan.

  • Kekayaan DPLK AXA Mandiri terpisah dari kekayaan AXA Mandiri dan dikecualikan dari setiap tuntutan hukum atas kekayaan AXA Mandiri.
  • Kekayaan DPLK AXA Mandiri tidak dapat diagunkan sebagai jaminan pinjaman atau dipinjamkan dalam bentuk apapun
  • Mengisi dan mendatangani formulir aplikasi pendaftaran Dana Pesangon
  • Melampirkan dokumen pendukung ( akte pendirian perusahaan beserta perubahannya,KTP,NPWP,SIUP,TDP)
  • Membayar iuran dan PSL (Past Service Liability) yang dapat dibayar sekaligus maupun secara bertahap

Peserta Individu

  • Mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Kepesertaan
  • Melampirkan dokumen pendukung ( Foto copy KTP,Foto copy NPWP)
  • Menyetor Iuran, termasuk apabila ada pengalihan dana dari Dana Pensiun Lain atau Dana Pemberi Kerja.
  • Membayar biaya pendaftaran

Peserta Grup

  • Mengisi dan manandatangani Formulir Aplikasi Kepesertaan Grup
  • Melampirkan dokumen pendukung ( Akte pendirian perusahaan beserta perubahannya, pengesahaan Mentri Kehakiman, SIUP,TDP,NPWP,KTP.
  • Membayar Iuran dan Biaya pendaftaran

Bapak/Ibu selaku peserta DPLK AXA Mandiri tidak diharuskan untuk membeli produk assuransi AXA Mandiri. Namun demikian, Bapak/Ibu akan mendapatkan akses lebih mudah untuk mendapatkan solusi perlindungan jiwa, kesehatan dan perencanaan keuangan bila Bapak/Ibu memerlukannya di kemudian hari.

Terkait keikutsertaan Bapak/Ibu pada DPLK AXA Mandiri, produk yang akan Bapak/Ibu terima manfaatnya hanyalah dari produk DPLK AXA Mandiri dan tidak akan berubah menjadi produk asuransi. Di samping itu, Bapak/Ibu juga tidak akan dikenai penambahan biaya premi asuransi, apabila Bapak/Ibu tidak menghendaki adanya penambahan produk, yang berupa produk asuransi dari AXA Mandiri tersebut.

DPLK AXA Mandiri didirikan berdasarkan Keputusan Direksi PT AXA Mandiri Financial Services. Nomor 308/AMFS-BOD/III/2019 tanggal 22 Maret 2019 dan efektif setelah mendapat pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-56/D.05/2019 tanggal 29 Mei 2019.

  • Kepesertaan pada DPLK AXA Mandiri terhitung sejak seseorang terdaftar sebagai Peserta dan telah menyetor Iuran, termasuk apabila ada pengalihan dana dari Dana Pensiun Lain atau Dana Pemberi Kerja kepada DPLK AXA Mandiri
  • Kepesertaan pada DPLK AXA Mandiri berakhir pada saat Peserta:
    • Pensiun sesuai Peraturan Dana Pensiun; atau
    • Pindah ke Dana Pensiun Lain; atau
    • Meninggal dunia; atau
    • Cacat.

Pengalihan keikutsertaan peserta Mandiri DPLK menjadi DPLK AXA Mandiri ini sudah dilakukan secara serentak pada tanggal 2 Desember 2019.

Keikutsertaan Bapak/Ibu tetap aktif di DPLK AXA Mandiri walaupun Bapak/Ibu tidak menerima pemberitahuan melalui SMS. Untuk selanjutnya, Bapak/Ibu dapat menghubungi DPLK AXA Mandiri untuk melakukan pengkinian data, termasuk perubahan nomor telepon untuk mendapatkan info dari DPLK AXA Mandiri.

Kepada setiap peserta, telah dikirimkan pemberitahuan mengenai pengalihan dari Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri melalui SMS yang dikirimkan oleh AXA Mandiri ke nomor telepon genggam yang terdaftar pada data peserta terkini pada sistem Mandiri DPLK, di mana pada SMS tersebut tertera nomor DPLK peserta Mandiri DPLK.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan hanya dapat didirikan oleh Bank Umum dan Perusahaan Asuransi Jiwa dengan melaksanakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP).

  • DPLK AXA Mandiri adalah suatu Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang didirikan oleh PT AXA Mandiri Financial Services yang merupakan perusahaan Asuransi Jiwa patungan, yang dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan AXA Group serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan; 
  • PT AXA Mandiri Financial Services memiliki jaringan pemasaran dan distribusi produk yang luas, yang mana hadir di cabang-cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia;
  • PT AXA Mandiri Financial Services yang merupakan pendiri dari DPLK AXA Mandiri memberikan solusi kebutuhan perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan untuk perorangan dan perusahaan; dan
  • AXA Group yang merupakan salah satu pemilik (pemegang saham) dari PT AXA Mandiri Financial Services merupakan perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan total aset sebesar €931 Miliar (delapan ratus tujuh puluh miliar dan seratus juta Euro) yang memiliki rating AA- (dari lembaga pemeringkat Standar & Poor’s), Aa3 (dari lembaga pemeringkat Moody’s) dan AA- (dari lembaga pemeringkat Fitch).*

Catatan * :
Berdasarkan laporan keuangan AXA group per 31 Desember 2018.

DPLK AXA Mandiri didirikan oleh PT AXA Mandiri Financial Services.

Dewan Komisaris PT AXA Mandiri Financial Services, bertindak sebagai Dewan Pengawas DPLK AXA Mandiri.

PT AXA Mandiri Financial Services, selaku Pendiri dari DPLK AXA Mandiri juga bertindak sebagai Pengurus DPLK AXA Mandiri.