Banner Pengalihan Mandiri DPLK

Pengalihan dari Mandiri DPLK

Terhitung mulai tanggal 2 Desember 2019

Pengalihan Peserta Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri (Corporate Action Bank Mandiri)

Terhitung mulai tanggal 2 Desember 2019, seluruh portofolio peserta pada Program Pensiun Iuran Pasti (“PPIP”) dan Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon (“PPUKP”) pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (“Mandiri DPLK”) telah efektif dialihkan kepada Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT AXA Mandiri Financial Services (“DPLK AXA Mandiri”).

PT AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan National Mutual International Pty. Limited (AXA) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Aset Penerbit

Pengalihan peserta PPIP/PPUKP dari Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada peserta Mandiri DPLK yang dialihkan ke DPLK AXA Mandiri dan dapat menumbuhkembangkan industri dana pensiun oleh Bank Mandiri Group, serta AXA Group di Indonesia. Di samping itu, proses pengalihan peserta pun akan dilakukan secara hati-hati dengan mengikuti arahan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tujuan pengalihan keikutsertaan dan portofolio peserta pada PPIP dan PPUKP di Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan sinergi antar perusahaan yang berada di bawah naungan Mandiri Group;
  • Untuk meningkatkan pelayanan Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang berada di bawah naungan Mandiri Group, sehingga dapat lebih efisien, efektif dan menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dengan menggunakan jaringan Mandiri Group, serta AXA Group di Indonesia; dan
  • Dapat memberikan pelayanan yang lebih lengkap atas solusi kebutuhan keuangan yang profesional dan terpercaya.

Tidak ada perbedaan produk, baik dari segi produk maupun paket pilihan investasi antara Mandiri DPLK dengan DPLK AXA Mandiri.

Tidak perlu. Terhitung mulai tanggal 2 Desember 2019 e-card DPLK AXA Mandiri sudah terdapat pada website DPLK AXA Mandiri. Fitur “lihat kartu” akan muncul setelah Anda berhasil login

Ya. Saat ini saldo hanya bisa dilihat melalui https://dplk.axa-mandiri.co.id. Layanan tersebut akan memudahkan peserta dalam melihat dan mengecek saldo dimana dan kapan pun.

Dalam proses pengalihan dana ini, dana peserta aman, serta dialihkan secara hati-hati berdasarkan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Tidak akan ada perubahan peraturan bagi peserta Mandiri DPLK yang telah dipindahkan ke DPLK AXA Mandiri. Ketentuan mengenai biaya dan pengelolaan portofolio pada DPLK AXA Mandiri akan mengikuti ketentuan yang telah disepakati antara peserta yang bersangkutan dengan Mandiri DPLK sebelumnya.

Setiap peserta DPLK AXA Mandiri, termasuk peserta Mandiri DPLK yang telah dialihkan, dapat mengecek saldo dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik menu login;
  2. Akan muncul kolom Nomor DPLK dan Kata Sandi;
  3. Masukkan nomor peserta DPLK Anda yang tertera di kartu/e-card peserta Mandiri DPLK pada kolom Nomor DPLK. Apabila Anda tidak mengetahui nomor keikutsertaan DPLK, Anda dapat menghubungi :
    • Call Centre DPLK AXA Mandiri 1500803 (pada hari kerja, pukul 08:00 – 16:00) atau 
    • E-mail: dplk@axa-mandiri.co.id (pada hari kerja, pukul 08:00 – 16:00);
  4. Setelah itu, masukkan kata sandi Anda di kolom kata sandi. Apabila kata sandi Anda belum pernah diubah, maka kata sandinya adalah tanggal lahir Anda (dengan format ddmmyy atau dua digit tanggal, dua digit angka bulan, dan dua digit terakhir angka tahun lahir Anda) ditambah empat digit terakhir nomor peserta DPLK Anda pada Mandiri DPLK; dan
  5. Apabila Anda berhasil login, Anda akan melihat saldo dan rincian transaksi.
    • contoh:
    • Tanggal lahir Anda adalah 21 Januari 1980 dan nomor peserta DPLK Anda adalah 2001500304305, maka yang Anda input di kolom kata sandi adalah: 2101804305. 

Saat ini website Mandiri DPLK sudah tidak aktif. Peserta dapat melakukan pengecekan saldo melalui website DPLK AXA Mandiri.

Bapak/Ibu selaku peserta DPLK AXA Mandiri tidak diharuskan untuk membeli produk assuransi AXA Mandiri. Namun demikian, Bapak/Ibu akan mendapatkan akses lebih mudah untuk mendapatkan solusi perlindungan jiwa, kesehatan dan perencanaan keuangan bila Bapak/Ibu memerlukannya di kemudian hari.

Terkait keikutsertaan Bapak/Ibu pada DPLK AXA Mandiri, produk yang akan Bapak/Ibu terima manfaatnya hanyalah dari produk DPLK AXA Mandiri dan tidak akan berubah menjadi produk asuransi. Di samping itu, Bapak/Ibu juga tidak akan dikenai penambahan biaya premi asuransi, apabila Bapak/Ibu tidak menghendaki adanya penambahan produk, yang berupa produk asuransi dari AXA Mandiri tersebut.

Pengalihan keikutsertaan peserta Mandiri DPLK menjadi DPLK AXA Mandiri ini sudah dilakukan secara serentak pada tanggal 2 Desember 2019.

Keikutsertaan Bapak/Ibu tetap aktif di DPLK AXA Mandiri walaupun Bapak/Ibu tidak menerima pemberitahuan melalui SMS. Untuk selanjutnya, Bapak/Ibu dapat menghubungi DPLK AXA Mandiri untuk melakukan pengkinian data, termasuk perubahan nomor telepon untuk mendapatkan info dari DPLK AXA Mandiri.

Kepada setiap peserta, telah dikirimkan pemberitahuan mengenai pengalihan dari Mandiri DPLK ke DPLK AXA Mandiri melalui SMS yang dikirimkan oleh AXA Mandiri ke nomor telepon genggam yang terdaftar pada data peserta terkini pada sistem Mandiri DPLK, di mana pada SMS tersebut tertera nomor DPLK peserta Mandiri DPLK.

  • DPLK AXA Mandiri adalah suatu Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang didirikan oleh PT AXA Mandiri Financial Services yang merupakan perusahaan Asuransi Jiwa patungan, yang dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan AXA Group serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan; 
  • PT AXA Mandiri Financial Services memiliki jaringan pemasaran dan distribusi produk yang luas, yang mana hadir di cabang-cabang Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia;
  • PT AXA Mandiri Financial Services yang merupakan pendiri dari DPLK AXA Mandiri memberikan solusi kebutuhan perlindungan jiwa dan perencanaan keuangan untuk perorangan dan perusahaan; dan
  • AXA Group yang merupakan salah satu pemilik (pemegang saham) dari PT AXA Mandiri Financial Services merupakan perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan total aset sebesar €931 Miliar (delapan ratus tujuh puluh miliar dan seratus juta Euro) yang memiliki rating AA- (dari lembaga pemeringkat Standar & Poor’s), Aa3 (dari lembaga pemeringkat Moody’s) dan AA- (dari lembaga pemeringkat Fitch).*

Catatan * :
Berdasarkan laporan keuangan AXA group per 31 Desember 2018.